10 Peluang Atau Prospek Kerja Desain Komunikasi Visual Dan Gajinya

Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa SMK Muhammadiyah 1 Metro membuka program keahlian bari yaitu Desain Komunikasi Visual (DKV), nah bagi kamu lulusan Desain Komunikasi Visual yang bingung nanti mau memilih bidang pekerjaan yang sesuai, tidak usah khawatir, karena sebenarnya ada beberapa prospek kerja desain komunikasi visual yang bisa dicoba. Apa saja prospek kerjanya? Ini dia beberapa diantaranya :

1. Web Desainer

Jasa Web Desainer belakangan ini sangat populer. Kamu bisa bekerja menjadi seorang freelancer atau karyawan kantoran. Banyaknya web online membuat bidang ini begitu populer.

Dengan bantuan seorang web desainer, para klien akan memiliki sebuah website sendiri dengan tampilan yang oke dan menarik. Paling tidak Kamu akan meraih sekitar 3 juta per bulan. Prospek kerja desain komunikasi visual satu ini cukup menjanjikan.

2. Visual Desainer

Bekerja dalam bidang ini Kamu akan meraih sekitar 3 juta rupiah per bulan. Bagi Kamu yang memiliki keahlian dalam visual desainer bisa memanfaatkan peluang ini.

3. Graphic Desainer

Pendapatan yang bisa seorang graphic desainer dapatkan berkisar 3 juta per bulan sama dengan jenis kerja desain komunikasi visual lainnya. Kamu tertarik mencobanya?

4. Ilustrator

Jasa seorang ilustrator juga memegang peranan yang amat penting. Dengan bantuan seorang ilustrator kita akan mudah melihat ilustrasi sebuah rancangan. Setidaknya Kamu akan meraih sekitar 3 atau 4 jutaan per bulan.

5. Creative Director

Tugas Cretaive Director ini seperti seorang pengarah yang mengarahkan karyawannya agar dapat memenuhi target serta kriteria yang diberikan oleh konsumennya. Gaji yang akan diperoleh sekitar 5 juta atau lebih per bulannya.

6. Art Director

Tugasnya yaitu sebagai pengarah di bidang seni pada sebuah acara. Gaji yang akan Kamu terima sekitar 4 juta per bulan.

7. Freelance Desainer

Pekerjaan ini sangat cocok untuk Kamu yang memang tidak menyukai pekerjaan yang terikat oleh waktu. Selain Kamu dapat menyesuaikan jadwal kerja. Penghasilan yang Kamu peroleh juga akan lebih tinggi dan bervariasi tergantung dari banyaknya job yang diterima dari klien.

Belakangan ini banyak perusahaan yang menyewa jasa dari seorang Freelance desainer dalam rangka untuk penghematan biaya. Kamu bisa mendapatkan kurang lebih sampai tiga juta per bulan.

8. Mobile Desain

Bekerja di bidang ini tentu akan membutuhkan keahlian yang mumpuni. Kamu bisa mendapatkan gaji sampai 5 juta atau lebih.

9. Fotografer

Bagi Kamu lulusan DKV atau Desain komunikasi visual yang memang memiliki bakat tambahan di bidang fotografi. Maka, jadi seorang fotografer adalah pilihan yang bisa dicoba.

Kamu dapat mengedit maupun memperindah hasil jepretan dengan ilmu yang didapatkan selama kuliah. Gaji yang akan diperoleh sekitar 4 juta per projek.

10. Animator

Menjadi seorang animator adalah salah satu pilihan yang tepat. Banyaknya kartun yang menjamur juga semakin membuka kesempatan bagi para animator muda untuk berkarya. Apalagi kartun adalah tontonan yang diminati dan disaksikan oleh banyak orang.

Menjadi seorang animator adalah salah satu pekerjaan dengan gaji yang tinggi. Semakin populer animasi yang dibuat otomatis akan semakin tinggi bayarannya. Apalagi jika perhitungannya dilakukan per-detik. Paling tidak Kamu akan meraih sekitar 4 juta per bulan.

Nah, itulah bebeberapa jenis prospek kerja desain komunikasi visual yang bisa ditekuni oleh Kamu yang memiliki ijazah jurusan tersebut, atau kamu ingin terus mengasah skill-mu dengan melanjutkan kuliah di jurusan tersebut juga sangat disarankan. Dunia yang semakin berkembang ke arah digital juga sangat mendukung sehingga membuka peluangmu lebih lebar lagi.

sumber : renesis

22 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *