Ekskul Jurnalistik Adakan Workshop Menulis dan Menerbitkan Buku yang diikuti SLTA Kota Metro

SMK Mutu memiliki banyak ekskul dan kegiatan non akademik yang dapat diikuti siswa untuk mengembangkan soft skill mereka, salah satu diantaranya adalah ekskul jurnalistik. Ekskul ini sebagai pengembangan dari program literasi sekolah di bidang dunia kepenulisan dan pemberitaan.

Kemarin (14/01/2019) ekskul ini mengadakan event perdana mereka yaitu workshop menulis cerpen dan menerbitkan buku. Sejumlah sekolah tingkat SLTA se-kota Metro diundang untuk dapat mengikuti workshop ini dan ada 8 SMA/K/MA yang ikut ambil bagian  mengirimkan siswanya, masing-masing sekolah mengirimkan 2 siswa bahkan ada 1 sekolah mengirimkan 4 siswa, yaitu SMK Muhammadiyah 3 Metro, SMK Negeri 1 Metro, SMA Negeri 1 Metro, MAN 1 Metro, SMA Muhammadiyah 1 Metro, SMA Muhammadiyah 2 Metro,  SMK Negeri 4 Metro dan tentunya SMK Muhammadiyah 1 Metro.

Bukan tanpa alasan mereka mengikuti acara ini, karena pasalnya program literasi kepenulis sedang gencar-gencarnya digalakkan dan dalam workshop ini siswa langsung praktek menulis cerpen, mentoring selama 3 hari dan yang lebih bergengsi lagi karya mereka akan diterbitkan dalam bentuk buku yang akan diterbitkan oleh salah satu startup M1T binaan SMK Mutu yaitu Tinta Pena publishing.

Pemateri pada workshop ini merupakan praktisi dunia kepenulisan yang telah menerbitkan novel dan salah satu founder Tinta Pena yaitu Muklis Ahsya. Selain menjadi guru di SMK Mutu Muklis Ahsya juga membina ekskul Jurnalistik dan startup besutan siswa Tinta Pena.

Bagi para peserta workshop ini merupakan bekal penting untuk memperdalam dan mengasah kemampuan mereka dalam mengolah kata, dari sekian siswa beberapa ada juga yang aktif di komunitas menulis seperti FLP yang juga diikuti oleh pemateri sebagai mentornya.

 

 

79 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *