Ekskul Jurnalistik Gelar OJS

EKSIS – Tepatnya sepulang sekolah siswa-siswi SMK Muhmmadiyah 1 Metro mengikuti Orientasi Jurnalis sekolah (OJS), di Gedung Laboratorium Komputer sekolah setempat, Senin (29/7/2019). Orientasi Jurnalis Sekolah atau yang disingkat dengan (OJS) kali ini mengambil tema “Jurnalis Millenial di Era Digital” yang di isi pemateri Fredy Kurniawan Sandi selaku Pimpinan Redaksi www.metrodeadline.com.

Sebelum masuk ke materi, sebanyak 21 peserta terlihat antusias mengikuti ekstrakulikuler Eksis Jurnalistik SMK Muhammadiyah 1 Metro. Dalam pelatihan kali ini, ekskul Eksis di ajarkan tentang arti jurnalistik, dengan ditayangkannya sebuah video yang menceritakan tentang antara kode etik jurnalistik dan prinsip jurnalis, meliputi media televisi, radio, media cetak, dan media online.

Pemateri OJS Fredy Kurniawan Sandi mengatakan bahwa, generasi millenial merupakan generasi yang selalu berkaitan dengan teknologi, karna milenial generasi yang lahir saat teknologi berkembang. Namun tak hanya itu, generasi millenial juga harus bijak dalam menggunakan teknologi termasuk media sosial dan teknologi yang terus berkembang pesat.

“Jadi para millenial dituntut memiliki banyak ide dan gagasan. Oleh karna itu, sebuah media sosial dapat dimanfaatkan sebagai suatu sarana pekerjaan seperti content creator, writer dan lain-lain. Diera ini, para millenial harus kreatif dan inovatif bijak dan santun menggunakan media sosial,”ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya para generasi millenial di era digital saat ini harus lebih memanfaatkan teknologi dan medsos dengan benar dan tidak menyebarkan sebuah content yang sekiranya kurang mendidik.

“OJS ini, saya memberikan materi tentang teknik dasar-dasar dalam penulisan berita bagi jurnalistik pemula, teknik wawancara, wawasan, pengetahuan, keahlian, keterampilan, etika dan sikap jurnalistik, ”ujarnya.

Pimpinan redaksi www.metrodeadline.com ini menyambut baik, atas hadirnya ekskul jurnalistik di SMK Muhammadiyah 1 Metro. Selain mendidik serta memberikan wawasan tentang dunia jurnalistik, tentunya diharapkan para peserta dapat kembali memberikan edukasi dilingkungan sekolah maupun lingkungan rumah pentingnya bijak dalam bermedia sosial.

“Saya sangat mendukung hadirnya ekskul jurnalistik di sekolah-sekolah. Ya apalagi visi Kota Metro sebagai Kota Pendidikan, tentu akan lengkap hadirnya ekskul jurnalistik dilingkungan pendidikan,”jelasnya.

Sementara itu, Pembina Ekskul Jurnalistik SMK Muhammadiyah 1 Metro Taupik Widayanto berharap usai OJS ini, para peserta dapat kembali mengasah kemampuannya di dunia jurnalis. Sebagai modal dan dasar agar bisa menulisan berita secara baik dan benar.

“Semoga para peserta selalu istiqomah dalam memilih dan menjalankan setiap keputusan, dan terus bersemangat untuk mengembangkan setiap ide-ide yang mereka miliki dengan menuangkannya di blog Eksis. Dimana dapat dilihat oleh khalayak umummelalui berita online. Sama seperti jargon yang dimiliki Eksis’ Ekspresikan Baikmu’,” pungkasnya. (*)

Penulis : MEI LINDA Siswi SMK Muhammadiyah 1 Metro (PU Eksis)

53 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *