Ini Dia ‘Treatment’ Baru Bagi Siswa yang Terlambat

Siswa yang terlambat menjadi masalah mendasar kedisiplinan disetiap sekolah. Untuk itu sekolah menerapkan berbagai macam sanksi untuk membuat jera siswa-siswa yang terlambat ini.

Di SMK Muhammadiyah 1 Metro aturan masuk sekolah sudah ditetapkan pukul 07.00 WIB bagi siswa yang terlambat akan kena sanksi. Sanksi – sanksi yang pernah diterapkan sebelumnya yaitu mulai dari membersihkan halaman yang kotor, menyiram bunga, hormat bendera, berdiri dilapangan dll. Namun sanksi-sanksi semacam ini masih juga tidak membuat siswa jera mengulangi sikap undisipliner-nya, malah semakin banyak jumlahnya.

siswa membaca al qur’an 1 juz

Belum lama ini sekolah dibawah pengawasan waka kesiswaan menerapkan sanksi baru bagi siswa yang terlambat yaitu membaca al qur’an sebanyak 1 juz. Bukan tanpa alasan sanksi ini diterapkan karena dengan membaca Al Qur’an diharapkan siswa yang terlambat tersentuh hatinya, menjadi lembut hatinya dan tersadar untuk tidak mengulangi kebiasaan terlambat.

Saat menkonfirmasi kepada waka kesiswaan perihal tingkat kefektifan sanksi ini, Slamet Widodo menjawab bahwa ada angka penurunan siswa yang terlambat sampai separuhnya.

Mudah-mudahan kedepannya jumlah angka keterlambatabn siswa menjadi nol dan sekolah menjadi bengkel akhlaq bagi siswa-siswa untuk senantiasa memperbaiki diri. Insya Allah

88 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *