Kegiatan Siswa Selama Mondok di Pontren At Tanwir

Mengisi kegiatan bulan Ramadhan 1440 H ini, sekolah mengadakan program Pesantren Ramadhan selama 2 hari 1 malam yang bertempat di Pondok Pesantren At Tanwir Kota Metro.

Bukan tanpa alasan pihak sekolah menempatkan kegiatan pesantren ramadhan di Pondok Pesantren, sekolah ingin siswa benar-benar merasakan belajar seperti santri di pondok pesantren yang terkenal disiplin dan padat kegiatan ibadah.

Mulai dari kedatangan siswa ke pondok, terlihat antusiasme siswa mengikuti kegiatan ini. Selama di pondok siswa diberi fasilitas asrama yang nyaman untuk beristirahat. Kegiatan pertama yang diikuti siswa setelah resmi penyerahan tanggungjawab pihak sekolah ke pihak At Tanwir adalah menyimak aturan dan tata tertib yang diberlakukan selama kegiatan berlangsung. Tata tertib yang diberlakukan selama di pondok diantaranya: Tidak boleh berinteraksi antara siswa laki-laki dan siswa perempuan, tidak boleh menggunakan gadget selama materi berlangsung, tidak boleh keluar pondok tanpa izin yang dibenarkan, dll.

Selama kegiatan berlangsung siswa hanya akan belajar tiga perjara yaitu, akhlak, aqidah dan ibadah. Ketiga perkara ini adalah pelajaran mendasar yang harus dikuasai siswa selama mondok di At Tanwir.

Untuk memudahkan dalam pengawasan dan pemahaman materi, siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil yang akan didampingi oleh seorang ustadz/ustadzah yang membentuk halaqoh-halaqoh.

Layaknya kegiatan dipondok, siswa memiliki kegiatan yang padat akan materi dan hafalan. Siswa ditarget untuk menguasai tata cara ibadah yang benar sesuai tuntunan dan memahami perkara akhlaq dan aqidah.

Diawal siswa yang tadinya antusias mulai merasakan suasana pondok yang mengekang kebebasan mereka namun mereka ketahui bahwa begitulah seharusnya, selama di pondok seluruh kegiatan siswa begitu teratur dan bernilai ibadah seperti, halaqoh, sholat berjamaah, mendengarkan kultum, mendapatkan materi dan hafalan.

poster
kegiatan pesantren ramadhan 1440H
00:00
--
/
--

25 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *