Lulus SMP masih bingung mau melanjutkan kemana?, Berikut Tips Memilih SMA/SMK

Adik-adik SMP/MTs tentu tidak lama lagi akan dihadapkan pada keputusan memilih sekolah lanjutannya, ada yang sudah mantab ingin melanjutkan kemana ada juga yang mungkin masih bingung mau kemana.

Berikut ini kami bagikan sedikit tips untuk pertimbangan kalian mengambil keputusan:

🏅Akreditasi
Akreditasi sekolah ini penting untuk diketahui, karena akan berkaitan dengan kualitas pendidikan yang akan ambil. Usahakan cari sekolah yang sudah terakreditasi A (unggul)

🏅 Zonasi
Sistem zonasi yang diberlakukan 2 tahun terakhir ini merupakan upaya pemerataan kualitas pendidikan, jadi sudah bukan zamannya menentukan sekolah dilihat dari negeri atau swastanya melainkan akreditasinya. Karena dengan sistem zonasi siswa yang terdekat dengan sekolah, biasanya lebih diprioritaskan untuk diterima.

🏅 SMA/MA/SMK
Jika kalian berniat setelah lulus ingin bekerja, ada baiknya kalian melanjutkan di SMK karena selain bisa melanjutkan ke perguruan tinggi, kalian juga dibekali kemampuan untuk bekerja/wirausaha setelah lulus.

🏅 Ambil Jurusan yang sesuai
Kalian yang masuk SMK upayakan masuk di jurusan yang kalian inginkan sesuai dengan passion kalian.

🏅 Beasiswa
Carilah sekolah yang memberikan banyak beasiswa prestasi baik akademik maupun non akademik. Dan ukur /asah kemampuan kalian untuk mendapatkannya.

🏅 Ekskul is cool 🤳
Usahakan kalian juga melihat ekskul yang ada di sekolah yang akan kalian tuju, ekskul ini penting banget untuk mengasah softskill kalian yang pastinya akan sangat berguna bagi kehidupan kalian kedepannya.

🏅 Guru
Kualitas guru juga perlu kalian perhatikan, bagaimana gelar pendidikannya dan kenyamanan saat mengajar.

🏅 Pelayanan dan Aturan Sekolah
Pelayanan sekolah yang baik dan aturan sekolah yang menerapkan kedisiplinan tinggi harus menjadi prioritas kalian dalam memilih sekolah. Seperti misalnya sanksi kepada siswa yang terlambat dan melakukan indisipliner dan pelayanan terhadap kegiatan belajar dan administratif.

🏅 Bandingkan
Terakhir, carilah banyak informasi tentang sekolah yang akan kalian masuki. Kalian bisa mencarinya di Google, mengunjungi website sekolahnya, berteman di akun sosial medianya dan bisa langsung mendatangi langsung ke sekolah atau informasi dari teman/saudara
.
Mungkin itu tips yang bisa kami bagikan untuk kalian, jika ada tambahan kalian bisa ikutan komen atau koreksi.

Untuk mengetahui info pendaftaran siswa baru TA. 2019/2020 kalian bisa klik link info PPDB.

36 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *