Mutumart, Minimarket Besutan SMK Mutu yang Dibuka untuk Umum

Kalau dulu siswa memenuhi kebutuhannya bisa dicukupkan oleh koperasi sekolah seperti kebutuhan ATK, seragam dan jajan sehari-hari. Kini koperasi sekolah telah berkembang pesat menjadi minimarket yang diberi nama Mutumart.

Nama Mutumart diambil dari akronim SMK Muhammadiyah Satu Minimarket yang juga bermakna mutu atau kualitas. Diharapkan dengan penggunaan nama ini bisa mengedepankan kualitas kepada customer. 

Mutumart sendiri merupakan program pengembangan unit produksi dari Teaching Factory (TeFa), dimana sistem pembelajaran praktek siswa berstandar dunia usaha/dunia industri atau dengan kata lain praktek siswa di Mutumart merupakan simulasi kerja di dunia nyata.

Saat awal diluncurkan pada Desember 2018 lalu Mutumart tidak hanya melayani kebutuhan siswa dan guru tapi juga melayani masyarakat sekitar sekolah. Tentu saja hal ini memberikan dampak positif bagi seluruh warga yang merasa terbantu dengan kehadiran Mutumart. Mereka lebih nyaman berbelanja diruangan ber AC dan banyak varian produk yang tersedia.

Saat ini TeFa memang baru melahirkan Mutumart untuk kompetensi keahlian Bisnis Daring & Pemasaran (BDP), diharapkan kedepannya 4 kompetensi keahlian lainnya dapat melahirkan TeFa baru seperti Mutumart.

58 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *