SMK Muh 1 Metro Adakan Simulasi UNBK untuk SMANO

Berdasarkan data dari Kemdikbud jumlah seluruh sekolah yang mengadakan UBK di Kota Metro berjumlah 80 sekolah yang terdiri dari 34 SMP, 8 MTS, 17 SMA, 7 MA dan 22 SMK. Dari data tersebut tidak semuanya memiliki fasilitas untuk melaksanakan Ujian Berbasis Komputer (UBK) atau Computer Based Test (CBT).

Apa itu UBK ?

Ujian Berbasis Komputer (UBK) atau Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian  dengan media komputer sebagai media ujiannya. Dimana pada pelaksanaanya menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim melalui server pusat melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah) kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal sekolah secara offline. Hasil ujian dikirim kembali ke server lokal sekolah yang kemudian di kirim kembali ke server pusat (upload).

Kendala yang biasa terjadi berkaitan dengan sistem semi-online ini biasanya jadwal sinkronisasi dengan server pusat yang terkadang bisa molor, namun itu bukan kendala berarti.

Simulasi UBK2

Kesiapan SMK Muh 1 Metro Hadapi UNBK 2018

Bukan kali pertama SMK Muhammadiyah 1 Metro melaksanakan UNBK mandiri, tiap tahun sekolah selalu membentuk tim khusus UBK mempersiapkan segala sesuatunya termasuk mempersiapkan simulasi dan pelaksanaan UNBK untuk sekolah lain yang akan mengadakan UNBK di SMK Muhammadiyah 1 Metro. Sejak tahun lalu (2016/2017) SMP N 7 Metro dan SMAN Keberbakatan Olahraga (SMANO) Metro melaksanakan UNBK di SMK Muhammadiyah 1 Metro.

Simulasi UBK I pada tahun pelajaran ini (2017/2018) terjadwal untuk siswa SMK Muh 1 Metro pada tanggal 6 & 7 November 2017 dan SMANO Metro pada tanggal 13 & 14 November 2017. Sementara simulasi untuk SMP N 7 Metro masih menunggu jadwalnya.

SMK Muhammadiyah 1 Metro mempersiapkan 3 lab komputernya yang akan dipakai untuk pelaksanaan UNBK 2018 mendatang. Semua persiapan dilakukan sejak jauh-jauh hari agar pada hari H pelaksanaan dapat berjalan dengan lancar.

39 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *