SMK Muhammadiyah 1 Metro ‘Launching’ Technopark Pertama di Kota Metro

tari siger pengutenSMK Muhammadiyah 1 Metro, Selasa (14/8) me-launching Technopark M1T yang juga merupakan technopark pertama yang dimiliki SMK di Kota Metro. Launching Technopark SMK Muhammadiyah 1 Metro (M1T) ini turut dihadiri oleh Kadisdikbud Provinsi Lampung, Kepala UPTD Wil. II Disdikbud Provinsi Lampung, Kepala SMK se-Kota Metro, Kepala SMP se-Kota Metro, pelaku Dunia Usaha/ Dunia Industri (DU/DI), Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan lain-lain.

Rohaniya, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala SMK Muhammadiyah 1 Metro menuturkan bahwa “Technopark SMK merupakan wadah bagi sekolah untuk mencetak wirausahawan  berbasis teknologi atau technopreneur”. Dari sini diharapkan adanya keterkaitan antara Pemerintah setempat, pelaku usaha, akademisi dan komunitas masyarakat bisa menjadi bagian dari program technopark SMK, yang juga merupakan gagasan dari Pemerintah pusat melalui Dinas Pembinaan SMK (PSMK).

M1T saat ini melalui program inkubasi bisnis tengah menyeleksi 8 calon startup dari siswa yang akan diberikan pendanaan untuk melakukan realisasi bisnis yang akan mereka jalankan. Startup sendiri merupakan satu kelompok siswa yang terdiri dari 3 sampai 5 orang yang mengerjakan bisnis rintisan yang mereka gagas. Dari proposal yang sudah masuk ada beberapa startup yang memiliki project bisnis inovatif di antaranya yaitu aplikasi SMK Connect, dimana nantinya melalui aplikasi ini sekolah dimudahkan melakukan monitoring terhadap siswanya dan orangtua/ wali muridpun bisa memantau melalui aplikasi tersebut, aplikasi ini akan dilengkapi beberapa fitur keunggulan yang tentu saja tidak dimiliki aplikasi lainnya. Ada juga project startup Tinta pena, yaitu project yang berkaitan dengan self publishing, project ini diperuntukkan bagi mereka yang gemar menulis dan ingin menerbitkan karya mereka dalam bentuk buku.

Akhirnya SMK Muhammadiyah 1 Metro dengan technopark-nya merupakan suatu keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki oleh sekolah lainnya. Untuk itu, diharapkan lulusan-lulusan SMK Muhammadiyah 1 Metro dapat menjadi penggerak kebangkitan ekonomi masyarakat dengan mencetak wirausaha-wirausaha muda yang jeli memanfaatkan kemajuan teknologi.

36 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *