Sosialisasi IKAPEKSI dan Disnaker, Peluang Magang di Jepang Bagi Siswa Tamatan SLTA Melalui Jalur Resmi Pemerintah

Seluruh siswa kelas XII pada sabtu (02/02/2019) kemarin mengikuti acara sosialisasi yang diadakan oleh Ikatan Pengusaha Kenshuusei Indonesia (IKAPEKSI) Kota Metro di gedung C lantai 2 SMK Muhammadiyah 1 Metro.

Turut hadir dalam acara tersebut Kabid Ketenaga Kerjaan Disnaker kota Metro Afrizal dan ketua DPD IKAPEKSI Lampung Agus Budiono beserta tim sejumlah 5 personil.

Acara tersebut dibuka oleh perwakilan sekolah Kandoko selaku kajur Bisnis Daring dan Pemasaran yang dalam sambutannya menyambut baik kedatangan tim IKAPEKSI dan Disnaker Kota Metro dalam sosialisasi peluang magang di Jepang bagi siswa/i.

Selanjutnya sambutan kedua disampaikan oleh Kabid Disnaker Kota Metro Afrizal, yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa program yang diadakan IKAPEKSI merupakan program resmi yang bekerjasama dengan Pemerintah jadi tidak perlu adanya kekhawatiran untuk mengikuti program tersebut. Disampaikan juga bahwasanya angka pengangguran di Kota Metro ini cukup tinggi yaitu 3.000 orang yang benar-benar menganggur. Program pemagangan ke Jepang ini merupakan salah satu program mengatasi hal tersebut.

Memasuki acara inti disampaikan oleh Agus Budiono selaku ketua DPD IKAPEKSI Lampung, dalam presentasinya Agus Budiono membuka wawasan siswa tentang program pemagangan ke Jepang G to G yang resmi bekerjasama dengan Pemerintah Indonesia – Jepang. Sejumlah keunggulan disampaikan seperti tingkat keamanan yang dijamin keberangkatannya, pendidikan yang akan ditempuh, tes-tes yang akan dijalani sampai kehidupan magang di Jepang.

Diakhir acara dibuka tanya-jawab untuk siswa yang ingin tau lebih dalam tentang program tersebut.

Salah satu yang ditanyakan oleh  Nisrina (XII AKL.1) mengenai biaya-biaya yang akan dikeluarkan selama proses pelatihan, dijawab oleh Agus bahwa biaya-biaya yang timbul berkisar antara 17 juta sampai 20 juta ini masih terbilang terjangkau jika dibandingkan dengan program lain, sedangkan untuk tiket pesawat Indonesia – Jepang (PP) Gratis, Transportasi dan tempat pelatihan Pusat ke Bandara Gratis, Tunjangan Pokok + Rp. 10.000.000 – Rp. 13.000.000/bulan + lembur, mendapat tambahan modal usaha antara Rp. 120.000.000 s.d Rp. 230.000.000 tergantung masa magang dan kesempatan untuk bekerja diperusahaan Jepang yang ada di Indonesia.

153 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *