Bingung Pilih Jurusan, Ikuti Tips Berikut Untuk Memilih Jurusan Di SMK Yang Layak Kamu Pertimbangkan

Kalau saat ini kamu duduk dikelas 9 SMP, saatnya kamu mulai mempertimbangkan untuk memilih sekolah lanjutan yang sesuai dengan harapanmu. Setelah lulus SMP kamu akan dihadapkan pada beberapa pilihan sekolah, ada SMA, MA dan SMK.

Khusus untuk SMK, bagi kamu yang belum tau, SMK adalah sekolah kejuruan yang menjurus pada kompetensi tertentu yang kamu masuki. Di SMK selain kamu mendapatkan porsi pelajaran umum kamu juga akan lebih banyak praktek kejuruan sesuai jurusan yang kamu masuki.

Nah kalau kamu masih bingung mau pilih jurusan apa di SMK, berikut tips memilih jurusan yang dapat kamu pertimbangkan :

1. Kenali Bakat Dan Minatmu

Mengenali diri sendiri adalah hal paling mendasar yang bisa kamu lakukan, apa kesukaan kamu, apa keahlian yang ingin kamu kuasai, keterampilan apa yang kamu butuhkan untuk mendukung cita-citamu, hal apa yang membuatmu bersemangat melakukannya. Kalau kamu sudah mengenali dirimu sendiri tentang bakat dan minatmu akan jauh lebih mudah dalam menentukan jurusan yang ingin kamu masuki.

2. Temukan Sekolah yang terdapat jurusan yang kamu ingin masuki

Setelah kamu mantab dengan jurusan yang kamu ingin masuki, kamu bisa mulai mencari sekolah mana yang menyediakan jurusan yang sesuai dengan minat, bakat dan cita-citamu. Disinilah kamu bisa mulai membandingkan antar SMK yang menurutmu bagus dan sesuai dengan dirimu.

3. Pastikan Sekolahnya Berkualitas

Saat kamu mulai membandingkan hal pertama yang perlu kamu pertimbangkan ada kualitas pendidikan sekolah yang akan kamu masuki, jangan terpaku dengan negeri atau swasta karena pada dasarnya yang membedakan keduanya hanya status saja. Kamu bisa mengamati jauh-jauh hari dengan melakukan perbandingan melalui lingkungan di sekitarmu yang mungkin pernah bersekolah di SMK terrsebut. Kamu juga bisa mencari tau melalui akun sosial media dan website SMK satu dengan lainnya untuk kamu bandingkan.

4. Jangan Terpengaruh Temanmu

Ini yang sering terjadi, banyak penyesalan kalau hanya ikut-ikutan teman, kamu harus memiliki pendirian dan prinsip yang mantab untuk menentukan masa depanmu. Berbeda dengan teman tidak masalah bukan?

5. Jika tidak ada jurusan yang kamu inginkan di kotamu, ini solusinya

Selanjutnya, bagaimana jika di sekitar kotamu tidak ada sekolah yang menyediakan jurusan yang kamu inginkan. Jika kamu mempunya kelebihan dana tidak ada untuk mencarinya di luar kotamu dan kamu bisa ngekos, namun jika masih tidak ada dan kamu hanya sanggup di sekotar kotamu, kamu bisa mempertimbangkan jurusan lain dan misi lain di SMK yang kamu pilih seperti misal kamu minat jurusan perkapalan sementara itu kamu punya keahlian menggambar. Kamu bisa mempertimbangkan jurusan desain seperti yang ada di SMK Muhammadiyah 1 Metro yang terdapat jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV).

Itu tadi tips memilih jurusan di SMK yang bisa kamu pertimbangkan agar kamu tidak menyesal dan menjadikan dirimu lebih siap dan mantab dalam menentukan pilihan.

Bagi kamu yang tertarik dengan dunia Bisnis, Perkantoran, Akuntansi, Komputer dan Desain kamu bisa menjadikan SMK Muhammadiyah 1 Metro sebagai SMK pilihanmu.

 2,346 total views,  5 views today